reaksi detox
Detox

Ini Reaksi Tubuh Saat Detox

Dec 8, 2014

reaksi detox

Reaksi Detox

Jangan kaget, saat anda menjalankan program detox bisa jadi anda merasa pusing, mual, gatal saat baru saja menjalani detox. Jangan khawatir dan langsung berpikir Anda tidak sanggup menjalani detox ini.

Pakar bidang detox Andang W Gunawan mengatakan, reaksi itu biasa terjadi ketika baru saja menjalani detox. Menurutnya, reaksi detox ini memang kerap membuat pengguna program detox kaget, terlebih yang pemula. Akhirnya banyak dari mereka yang berhenti menjalani detox dan kembali pada pola makan yang tidak sehat.

Padahal reaksi itu proses yang dinamakan healing crises atau krisis penyembuhan untuk kemudian mengeluarkan racun dalam tubuh.

“Kalau kita sudah sering melakukan detox, reaksi tetap akan muncul. Tetapi kalau tubuh kita biasa detox, tidak terlalu dirasakan.” ujar Andang beberapa waktu lalu di Jakarta.

Didalam bukunya, “Diet Detoks, Cara Alami Menguras Racun Dalam Tubuh”, Andang menjelaskan bahwa bentuk reaksi dan kemunculannya berbeda-beda bagi setiap orang.

Reaksi itu bisa jadi dari warna urin lebih keruh dan baunya lebih tajam. Reaksi ini seringkali terjadi pada orang-orang yang sebelumnya pernah mengkonsumsi obat-obatan untuk sebuah penyakit atau program diet. Akibatnya, bau obat pun ikut terbuang bersama urin dan kotoran.

Kotoran juga akan lebih banyak disertai dengan lendir yang cukup pekat. Bahkan untuk yang menjalani program detox lebih panjang, tubuh akan mengeluarkan kotoran dari lapisan sel yang paling dalam. Bentuk kotoran akan lbih pekat dan berwarna mulai dari hijau pekat sampai berwarna hitam.

Menurut Andang, perlu kesabaran untuk mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh. Apalagi racun yang sudah lama terbentuk sehingga lama pula untuk pembersihannya. Hal ini merupakan tantangan jika ingin memiliki tubuh yang sehat.

Detox sendiri sama halnya dengan puasa dari makanan yang tidak sehat. Detox ini bisa dilakukan selama 7 hari, 20 hari, hingga 40 hari. Anda hanya akan makan buah dan sayur-sayuran.

Andang menjelaskan, buah dan sayur membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh lebih maksimal. Racun yang menumpuk dalam tbuh selama ini akan bersikulasi dalam aliran darah dan getah bening. Kemudian bisa merusak sel dan jaringan sekitarnya sehingga bisa menyebabkan penyakit kronis.

Sumber : Yukdetoks.com

You Might Also Like