Efek Samping Obat Pelangsing
Diet

Efek Samping Obat Pelangsing

Apr 9, 2015

Keinginan seseorang untuk menjadi langsing dalam waktu cepat membuatnya mencari-cari cara yang instan. Cara yang biasa ditempuh adalah dengan memakai pil pelangsing. Jenis obat yang satu ini menawarkan hasil mujarab dalam waktu singkat. Tetapi, sudah tahukah kamu mengenai efek samping obat pelangsing? Jika belum, sebaiknya baca dulu artikel berikut ini. Selamat menyimak.

Efek Samping Obat Pelangsing

Akibat Buruk Obat Pelangsing

  1. Menopause Dini

Pertama, konsumsi obat pelangsing dapat menyebabkan menopause dini pada wanita. Hal ini tentu saja berbahaya karena dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan fatal seperti kanker rahim. Penyebabnya adalah penggunaan obat pelangsing membuat penurunan produksi hormon estrogen. Siklus menstruasi pun dapat terganggu karenanya.

  1. Mengandung Zat Kimia Berbahaya

Kedua, kebanyakan obat diet memiliki kandungan zat-zat kimia yang sangat membahayakan untuk kesehatan. Zat-zat ini sejatinya telah dilarang penggunaannya namun buruknya pengawasan membuat zat ini masih banyak digunakan. Misalnya saja Meridia atau sibutramine. Berhati-hatilah dan cermati komposisi bahan yang tertera pada kemasan. Jika pada kemasan tidak tertera komposisi bahan, maka dapat dipastikan obat pelangsing itu mengandung zat berbahaya itu.

  1. Stroke dan Serangan Jantung

Kemudian, efek samping obat pelangsing yang ketiga adalah memicu penyakit stroke dan serangan jantung. Penyakit ini dipicu oleh kandungan zat stimulan. Tentu saja, sesungguhnya penggunaan obat ini sudah dilarang keras namun tetap ada yang menggunakannya secara ilegal. Zat stimulan ini dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan menyebabkan kenaikan drastis pada tekanan darah. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas, pusing, pandangan kabur, muntah, bahkan halusinasi. Apabila obat pelangsing terus digunakan, muncul serangan jantung dan stroke.

  1. Merusak Organ Hati

Organ hati merupakan organ yang bertugas memfilter racun-racun di dalam tubuh. Penggunaan obat pelangsing dalam jangka waktu lama dapat merusak hati. Hal ini tentu saja sangat berbahaya karena membahayakan fungsi hati. Jika organ hati tidak berfungsi, zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh pun tidak dapat disaring. Kerusakan hati dapat berujung pada kematian.

  1. Menyebabkan Dehidrasi

Seringkali, obat pelangsing memiliki kandungan obat pencahar. Penggunaan obat ini dapat membuat tubuh kehilangan banyak air. Jika digunakan secara berlebihan, tubuh akan kehilangan zat-zat penting seperti elektrolit dan dapat berujung pada kekurangan zat potassium. Hal ini dapat mengakibatkan detak jantung tidak normal, disorientasi, dan bahkan pingsan karena sel-sel tubuh kehilangan senyawa yang membuatnya dapat berfungsi secara normal.

 Baca juga : Efek Obat Pelangsing

Demikian artikel mengenai efek samping obat pelangsing ini. Memang, produk obat-obatan diet menawarkan untuk dapat menguruskan badan dalam waktu singkat, namun efek samping nya pun sangat berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memakai cara yang lebih alami. Walaupun cara ini cenderung lebih lama, namun lebih terjamin keamanannya.

You Might Also Like