Efek Samping Obat Diet
Diet

Efek Samping Obat Diet

Apr 9, 2015

Di balik iklan yang digembar-gemborkan mengenai khasiat yang manjur, terdapat efek samping obat diet yang perlu diketahui. Obat ini biasa digunakan oleh orang-orang yang ingin menurunkan kelebihan berat badannya secara instan. Tetapi, jangan sembarangan mengkonsumsi pil diet. Ada baiknya jika kamu membaca artikel ini dulu. Kami telah merangkum mengenai dampak pil diet yang patut untuk diperhatikan. Selamat membaca.

Efek Samping Obat Diet

Dampak Negatif dari Pil Diet

  1. Bersifat Adiktif

Efek yang pertama adalah dapat menyebabkan ketergantungan. Obat pelangsing memiliki kandungan zat-zat seperti amfetamin, zat antidepresan, dan zat anti-anxiety. Konsumsi dari zat-zat tersebut lambat laun bisa menyebabkan adiksi atau ketergantungan. Selain karena pengaruh dari zat-zat tersebut, penggunaan obat diet juga susah untuk dihentikan. Setelah mencapai berat badan yang diinginkan, biasanya orang akan menghentikan penggunaan obat pelangsing ini. Namun, karena khasiatnya hanya bersifat temporer, berat badan akan kembali melonjak. Orang pun akan kembali memakai obat pelangsing.

  1. Menyebabkan Penyakit Stroke dan Penyakit Jantung

Dampak kedua adalah dapat menyebabkan penyakit yang membahayakan, yaitu serangan jantung dan stroke. Kandungan zat kimia stimulan dalam obat diet merupakan pemicu dari munculnya penyakit-penyakit tersebut. Beberapa jenis stimulan yang digunakan dalam komposisi obat diet merupakan jenis yang sudah dilarang penggunaannya. Tetapi, jenis stimulan tersebut masih banyak digunakan dalam produk pil diet yang beredar bebas di pasaran. Zat stimulan dapat menstimulasi bagian sistem syaraf pusat dan mengurangi nafsu makan. Zat sibutramin akan meningkatkan kadar hormon serotonin dan norepinephrine dalam tubuh, sehingga kamu akan merasa kenyang. Sedangkan zat orlistat menghambat kinerja organ ginjal dalam penyerapan lemak. Penggunaan yang tidak diawasi ahli kesehatan tentu akan memunculkan masalah yang serius.

  1. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Kemudian, efek samping obat diet adalah menimbulkan gangguan pencernaan akut. Banyak pil pelangsing yang mempunyai kandungan zat penghambat lemak yang dapat menurunkan fungsi penyerapan gizi. Akibatnya, perut akan terasa tidak nyaman dan timbul gejala konstipasi atau susah Buang Air Besar. Dampak tambahannya adalah menyebabkan mood yang buruk dan nyeri kepala.

  1. Menyebabkan Gaya Hidup yang Kurang Sehat

Ketergantungan pada obat pelangsing dapat membuat gaya hidup yang tidak sehat. Diet yang sehat melibatkan disipilin dan komitmen untuk mengubah pola makan dan cukup olahraga. Namun, cara instan seperti menggunakan obat pelangsing tersebut akan membuatmu tidak mengikuti metode yang sehat.

 Baca juga : Efek Obat Pelangsing

Demi kesehatan dan keamanan, lebih disarankan untuk mengikuti metode diet yang alami. Walaupun membutuhkan waktu yang lebih lama, namun metode alami akan membuat tubuh sehat dan efeknya pun lebih tahan lama. Sekian artikel mengenai efek samping obat diet ini. Semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan dan inspirasi kesehatan untuk pembaca.

You Might Also Like